Resep Wajik Kletik Tahan Lama

Bahan-bahan:



- 1 kg ketan putih


- 500 ml santan kental


- 500 gr gula merah


- 1 sdt garam


- 3 lembar daun pandan


- Minyak kelapa secukupnya untuk mengoles loyang



Cara Membuat:



1. Cuci bersih ketan putih kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 5 jam.


2. Setelah itu tiriskan ketan dan kukus dalam kukusan selama kurang lebih 30 menit.


3. Sambil menunggu ketan matang, siapkan bahan yang lain.


4. Iris gula merah menjadi potongan-potongan kecil dan masukkan ke dalam panci.


5. Tambahkan santan, garam, dan daun pandan ke dalam panci yang berisi gula merah.


6. Panaskan panci dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula merah larut dan santan meresap ke dalam gula merah. Jangan biarkan santan mendidih dan pecah.


7. Setelah ketan matang, campurkan ketan dengan larutan gula merah dan aduk rata.


8. Oles loyang dengan minyak kelapa dan tuang campuran ketan ke dalam loyang. Ratakan hingga ketebalan kurang lebih 3 cm.


9. Diamkan adonan hingga agak dingin lalu potong-potong sesuai selera.


10. Wajik kletik tahan lama siap disajikan.



Nilai Gizi:



1 porsi wajik kletik tahan lama (100 gr) mengandung:



  • Kalori: 251 kkal

  • Karbohidrat: 56 gr

  • Protein: 2 gr

  • Lemak: 1 gr

  • Serat: 2 gr

  • Kalsium: 40 mg

  • Zat Besi: 0,9 mg


Wajik kletik tahan lama merupakan salah satu jenis kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari ketan putih yang dicampur dengan larutan gula merah dan santan. Wajik kletik tahan lama memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.


Untuk membuat wajik kletik tahan lama, pertama-tama ketan putih harus direndam dalam air selama kurang lebih 5 jam. Kemudian ketan dikukus hingga matang. Sambil menunggu ketan matang, bahan lain seperti gula merah, santan, garam, dan daun pandan disiapkan. Gula merah diiris kecil-kecil dan dimasak dengan santan, garam, dan daun pandan hingga larut dan meresap. Setelah ketan matang, campurkan ketan dengan larutan gula merah dan aduk rata. Tuang campuran ketan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak kelapa dan ratakan. Diamkan hingga agak dingin lalu potong-potong sesuai selera. Wajik kletik tahan lama siap disajikan.


Wajik kletik tahan lama memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. 1 porsi wajik kletik tahan lama (100 gr) mengandung 251 kkal kalori, 56 gr karbohidrat, 2 gr protein, 1 gr lemak, 2 gr serat, 40 mg kalsium, dan 0,9 mg zat besi.


Bagi pecinta kue tradisional, wajik kletik tahan lama bisa dijadikan sebagai pilihan untuk camilan atau hidangan saat berkumpul bersama keluarga. Selain itu, wajik kletik tahan lama juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau dipasarkan untuk usaha rumahan. Selamat mencoba!


close